Wisata Batu Menhir di Bori, Tana Toraja

YAY selfie

YAY selfie

Satu daerah paling tersohor di Sulawesi Selatan dan bahkan di dunia hanya Toraja. Toraja atau Tana Toraja atau dari kata To Riaja yang berari Orang yang bermukim di daerah atas. Dalam hal ini berarti daerah pegunungan.

Jika berjalan-jalan kesini, 1000 persen budaya dan adat istiadat setempat masih sangat kental. Setelah beberapa kali mengunjungi daerah ini, ada saja hal yang memanjakan mata saya dengan hal yang baru. Semua mungkin sudah sangat familiar dengan acara upacara kematian, atau panorama gunung di Sesean, makam batu di tebing-tebing. Tapi kali ini saya akan menunjukkan satu lagi sisi unik dari Toraja dengan pemandangan batunya. Saya dan keluarga menuju satu tempat yang bernama Bori. Bori atau dikenal dengan Rante Kalimbuang Bori masih terletak di kota Toraja Utara. Ditempat inilah menjadi salah satu situs warisan dunia UNESCO yaitu adanya batu Simbuang. Batu yang menyerupai menhir. Bisa dubilang punya kemiripan dengan stonehengenya Inggris, atau kalau yang ada di Indonesia ada di kebumen.

Menhir dan Tongkonan

Menhir dan Tongkonan

Nah,Batu-batu ini ditanam diambil dari gunung- gunung yang ada di Toraja. Untuk membangun situs megalith ini, masyarakat setempat harus mengadakan satu ritual khusus yang bernama “Rapasan Sapurandanan”. Bukan hanya itu, kalau di Toraja nggak korbanin kerbau nggak afdal rasanya. Untuk ritual tersebut jumlah kerbau yang dikorbankan minimal 24 ekor. Menurut kepercayaan adat setempat, semakin tinggi menhir yang didirikan, semakin tinggi pula derajat kebangsawanan seseorang. Untuk menanam batu ini, diperlukan beratus-ratus lelaki. Caranya yaitu dengan ditarik dengan menggunakan batang pohon dan tali temali dari bambu. Kurang lebih sepertiga dari batu ini ditanam dalam tanah.

3M.. Menhir, Me, Marvelous !

3M.. Menhir, Me, Marvelous !

tercatat ada 102 batu yang tertanam di kawasan ini dengan beraneka macam ukuran. Untuk para wisatawan, mereka tidak akan dimanjakan dengan batu-batuan itu saja. Akan tetapi, juga bisa melihat beberapa makam yang ada di batu, kuburan bayi dan rumah tongkonan pastinya.

Oval Stone and some bodies in it

Oval Stone and some bodies in it

Skulls and skeletons

Skulls and skeletons

Saskia

About Saskia Rajayani

I consider myself as an honest person and if I have a dream I do whatever is possible to achieve it. I'm very friendly, enthusiastic,cheerful, lively, and simple person. I love having a good time, laughing, reading novels, having coffee, cycling and doing goofy things whenever I can. I enjoy every little things in my life, such as Wearing my muddy boots,looking at the pop-corns clouds,eating my Scorched omelet,Let my hands full of scrawl-notes and yeap I'm proud being Me ;)

One thought on “Wisata Batu Menhir di Bori, Tana Toraja

  1. It will be as amazing as you are, KA!Loving this story – can’t wait to see how it goes.Hugs!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>