Serunya Mengunjungi Tembok besar China

World Heritage

World Heritage

Salah satu bucket list saya adalah mengunjungi salah satu keajaiban dunia yaitu TEMBOK BESAR CHINA aka The Great Wall. Berangkat pertengahan bulan January 2015, yah musim dingin Mak!.

Mengunjungi tempat ini merupakan salah satu pengalaman yang luar biasa. Bagaimana tidak, untuk menginjakkan kaki di lokasi ini saya dan teman saya bersusah payah nanya kesana kemari ke orang lokal yang you knowlah banyaaaak buta bhs inggris. Kami berangkat pagi- pagi menggunakan MRT dan mencari bus yang langsung ke arah Great Wall. Berdasarkan info yang kami dapat, kami harus di Dongzhimen stasiun dan lanjut bus 867 menuju ke Mutianyu (salah satu lokasi dari beberapa pintu masuk untuk ke Great Wall).

Nengok sana nengok sini, bus 867 ternyata nggak ada. Muncullah seorang perempuan paruh baya yang menjelaskan ke kami plus mengantar kami untuk mencari bus lain. Menurut dia,bus 867 sudah tidak beroperasi sejak november dan akan beroperasi lagi di bulan Maret. Hal ini disebabkan karena musim dingin yang konon katanya orang China kurang berminat mengunjungi Great Wall di musim dingin alias pengunjung berkurang, makanya bus itu untuk sementara ditutup.

Alhasil,kami menumpangi bus lain dan berhenti di salah satu halte yang cukup sunyi. Turun dari bus, seketika beberapa lelaki tua dengan mobil sedan berjejer menawarkan jasanya untuk mengantar kami ke Great Wall. Suhu semakin dingin,extremely dingin banget dibanding tempat sebelumnya. ADU MULUT pun terjadi!. TAWAR-Menawar dengan pak Sopir. GILAAAAA! dia menawarkan 1000 yuan PP ke Great Wall dengan lokasi Mutianyu. Oia, ada beberapa pintu masuk di Great Wall. Kami memilih Mutianyu soalnya paling dekat dengan lokasi kami (sekitar 40 km). Negosiasi kurang lebih sekitar 17 menit. Tarif pp ke Great Wall akhirnya jatuh di harga 300 yuan. (dengan modal,bahasa Inggris vs bahasa Chinese plus coret-coret di kertas dan hp buat nominal tarif ditambah sedikit bahasa tarzan akhirnya kami pun on the CUZZ)

Tiba!!!

Tiket sudah ditangan. Ada beberapa fasilitas yang bisa dipilih untuk melihat Great Wall. Ada yang paket BERJALAN KAKI saja, ada yang SLIDING, ada juga yang naik Cable Car. Tentunya sebagai gembel gunda gulana kami memilih yang berjalan kaki saja.

Makan universe biar kuat nanjaknya mhihi

Makan ini biar kuat nanjaknya mhihi

Pintu masuk tidak langsung melihat The Great Wall loh, harus berjalan sekitar 500 meter untuk menunggu shuttle bus. Nah, shuttle bus itu yang akan mengantar kita nantinya ke akses tembok China. Sekitar 3 km naik shuttle bus.Tiket di check dan berjalan mencari arah masuk ke tembok China. Ternyata eh ternyata, jalur pejalan kaki harus menaiki ribuan anak tangga. Kebayangkan,musim dingin, nafas ngos-ngosan, angin kencang,anak tangga yang terjal, perutpun cuma isi roti doang, pakaian yang tebal.

Sempat kami berhenti berjalan dan berfikir untuk membeli paket cable car,takutnya drop, jatuh pingsan dsb. Setelah mikir-mikir,daripada beli tiket lagi yang bakal menguras pundi-pundi kami,mending “JALANI” saja,hitung-hitung olahraga (woalaah..alessaaaan).

Before go up to the great wall

Before go up to the great wall

Sekitar sejaman saya lalui anak tangga itu. Betul-betul mengesankan dan mendadak seperi anak MAPALA yang hiking di puncak Mahameru lol. Berjalan kaki menyusuri ribuan anak tangga itu ternyata memberikan kepuasan tersendiri ketika saya menginjakkan kaki saya di TEMBOK BESAR CHINA. Sepertinya paket JALAN KAKI ini memang lebih dapat feel nya dibanding naik cable car. Betul-betul di luar dugaan saya sebelumnya, kirain pas entrance beli tiket, tembok China udah didepan mata, ternyata tidak! Nggak kepikiran juga kalau bus 867 tidak beroperasi selama musim dingin which is harus mengeluarkan biaya lebih (sewa mobil) untuk kesana. BUT, overall, it doesn’t matter. Kadang “yang dibayangin” itu memang sangat berbeda dengan kenyataannya di TE KA PE!

The magical Place

The magical Place

 

Praise the Lord, Allah !. Saya berhasil dan Saya ada di Great Wall !

2015-01-19-20-56-55_deco

Saskia

About Saskia Rajayani

I consider myself as an honest person and if I have a dream I do whatever is possible to achieve it. I'm very friendly, enthusiastic,cheerful, lively, and simple person. I love having a good time, laughing, reading novels, having coffee, cycling and doing goofy things whenever I can. I enjoy every little things in my life, such as Wearing my muddy boots,looking at the pop-corns clouds,eating my Scorched omelet,Let my hands full of scrawl-notes and yeap I'm proud being Me ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>