KHIDMATNYA BERKUNJUNG KE LOTUS TEMPLE, NEW DELHI

THE ESSENCE OF ALL THE MESSENGERS OF GOD IS ONE AND THE SAME

 

Berkunjung ke New Delhi sepertinya tidak afdal jika tidak ke Lotus Temple. Sesuai namanya, bangunannya pun berbentuk bunga lotus. Saya dan teman saya tiba sekitar jam 1 siang. Antrian waktu itu cukup panjang dan semua pengunjung di larang membawa makanan dan minuman. Sangat sayang untuk dilewati soalnya bangunan mahakarya ini sangat berarti dan gratis pula. Baha’i House of Worship adalah nama lain dari Lotus temple. Sekitar 100 meter pengunjung harus melepaskan alas kaki sebelum masuk ke kuil. Taman disekitar temple sangat luas dan bersih. Kami para pengunjung di bagi dalam beberapa kelompok untuk masuk ke dalam temple. Sekedar informasi bahwa Lotus Temple ini dibangun pemerintah India sebagai tempat peribadatan, berarsitektur kontemporer yang berbeda dengan temple-temple lainnya.

Adalah Baha’I yang terbuka pada semua agama. Menurutnya keyakinan akan adanya Tuhan tidaklah harus dipersempit oleh suatu kotak agama. Menurut mereka sebuah ritual keagamaan pun tidak perlu dilakukan. Maka dari itu semua pengunjung bisa beribadah di dalam temple.

LOTUS TEMPLE

LOTUS TEMPLE

Saya dan teman saya tidak menggunakan jasa guide waktu itu. Saya hanya mengambil selembaran yang diberikan gratis di tempat itu. Selebaran itu menjelaskan tentang Baha’I, pandangan akan agama serta Lotus Temple itu sendiri. Bangunan ini bukan sembarang bangunan. Semua sudut bangunan memiliki arti. Terdapat 9 kolam yang mengelilingi bangunan. Bunga lotusnya terdiri dari 3 tingkat kelopak yang masing-masing tingkat ada 9 kuntum. Bangunan yang serba 9. Konon katanya, orang India meyakini bahwa angka 9 itu adalah angka keberuntungan. Mahakarya ini jelas sudah mengambil banyak hati para pengunjung. Bukan hanya saya yang sangat takjub ketika melihatnya dari kejauhan. Lotus raksasa yang berdiri kokoh dan megah.

Sebelum masuk ke dalam, tiap kelompok diberi arahan-arahan yaitu

  1. Dilarang bersuara keras di dalam kuil
  2. Tidak boleh mengambil gambar
  3. Dilarang keras untuk mengambil video

 

BAHA'I HOUSE OF WORSHOP

BAHA’I HOUSE OF WORSHOP

Setelah giliran kelompok saya yang masuk, kami pun digiring ke tempat duduk. Isi dari temple ini mirip aula. Deretan kursi kayu yang tersusun melengkung (mirip di stadion) dan altar yang cukup besar. Saya tidak mencermati sekali detail bangunan dalamnya. Semua hening, sunyi senyap dan perasaan yang sangat tenang. Saya pun segera duduk di sebelah teman saya sambil menundukkan kepala untuk berdoa. Sekitar 12 menit kemudian, kami keluar dan bersenda gurau di pinggir kolam.

Betapa menyenangkannya mengetahui satu warisan budaya yang sangat membuka mata dan pikiran. Bukan hanya tentang agama, kasta, bangunan, sejarah, tetapi bagaimana saya yakin bahwa kita semua itu sama di mataNya.

SALAH SATU KOLAM YANG MENGELILINGI LOTUS TEMPLE

SALAH SATU KOLAM YANG MENGELILINGI LOTUS TEMPLE

KEPERCAYAAN BAHA'I

KEPERCAYAAN BAHA’I

Saskia

About Saskia Rajayani

I consider myself as an honest person and if I have a dream I do whatever is possible to achieve it. I'm very friendly, enthusiastic,cheerful, lively, and simple person. I love having a good time, laughing, reading novels, having coffee, cycling and doing goofy things whenever I can. I enjoy every little things in my life, such as Wearing my muddy boots,looking at the pop-corns clouds,eating my Scorched omelet,Let my hands full of scrawl-notes and yeap I'm proud being Me ;)

2 thoughts on “KHIDMATNYA BERKUNJUNG KE LOTUS TEMPLE, NEW DELHI

  1. wahidah sijaya

    Hi Saskia..
    Ma kasih sudah nulis tentang pengalamanmu berkunjung ke lotus temple..
    Saya Baha’i dan pernah mengabdi di rumah ibadah tersebut. Sekedar tambahan info aja kalo lotus temple itu dibangun oleh seluruh masyarakat Bahai di dunia melalui kontribusi sukarela. Properti tersebut adalah milik masyarakat Baha’i jadi tidak ada kaitannya dengan pemerintah India. Semua pekerja yang kamu temui baik itu yang mengatur antrian, memberi pengarahan dan brosur serta menyambut dan mengatur duduk di dalam rumah ibadah adalah mukmin Bahai dari seluruh dunia yang datang untuk mengabdi dengan memberikan pelayanan pada orang lain. Saya salah satu dari mereka yang datang dengan hasrat mengabdi pada umat manusia dengan bekerja sukarela di lotus temple selama sebulan di Desember 2010. Kami tidak dibayar dan hanya mendapatkan akomodasi gratis dimana kami menginap di asrama yang disediakan dibawah bimgingan orangtua asuh kami. Selama mengabdi di rumah ibadah disediakan makanan.

    Ini adalah bentuk pengabdian yang masyarakat Bahai percayai dapat diberikan pada umat manusia dimana berbagi keindahan dan pemahaman bersama bahwa hanya ada Satu Tuhan, Satu Agama dan Satu Umat Manusia. Sebagaimana yang kamu tulis bahwa dimata Tuhan kita semua sama…

    • Oh seperti itu yah…terimakasih atas info nya, Mba Idah penganut Baha’i sejak kapan? Berapa lama mba mengabdi di Lotus ? :D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>