SERBA SERBI HUNTING TIKET PROMO

Nagh… ini dia nih yang saya suka ..HUNTING TICKET PROMO

ahha yeap jelas sajalah, sebagai cewe yang serba kecukupan, kantoran dengan gaji pas-pasan. Mau nggak mau harus jeli liat tiket promo buat holiholyday.

Backpaker kebanyakan suka dengan cara ini. Disetiap maskapai pasti bakal ada pemberitahuan ke para pelanggan setianya. Ada yang promo dengan menggunakan credit card dengan diskon tertentu, ada yang special promo misalnya hari ultah si maskpai ini, ada juga yang malah seat gratis ke ratusan penumpang (saya g’ percaya kalau satu ini.. mungkin yaah mungkin hanya lah BASE FARE nya saja, masih belum termasuk Fuel Surcharge, Tax, Web Admin Fee, dan lain-lain nya. Maka nya jangan berharap dapat harga tiket nol )ahah  buka rute baru atau launching maspakai baru bla bla. Apalagi sekarang udah banyak maskapai penerbangan yang Low Cost Carrier yang jauh lebih murah dibanding dengan tarif maskapai tetangga.

Jadwal terbang juga beragam, biasanya ada yang booked berbulan-bulan baru terbang atau bahkan sampai tahunan, sampai sekarang belum ada yang winduan  (yang saya ingin tahu dari dulu, bagaimana yaak pihak maskapai segitu bisanya atur jadwal terbang sampai beratus-ratus hari kedepan)

Hunting tiket promo ini banyak untungnya, ada juga kekurangannya. Seperti halnya saya yang pernah bookednya bulan Januari 2011, terbangnya April 2011.Tiket yang lumayan murah untuk ke Kuala Lumpur.

Keuntungan booked jauh-jauh hari itu, kita bisa prepare itinerary (rencana perjalanan) kita dengan baik. Bisa sambil nabung juga untuk bekal traveling nanti. Untuk para backpacker yang benar-benar gembel bisa nyari tau ke backpacker lain tentang akomodasi yang super murah di tempat yang bakal didatangi.

Selain itu kabar yang nggak menegenaakkan yaitu TUTUP RUTE. Nagh, celakanya saya mengalaminya.

Waktu mau traveling ke Singapore saya bookednya bulan Agustus 2013, terbangnya April 2014 dengan rute Makassar- Singapore.Tetapi pada saat bulan November tanggal 1,tiba-tiba HP saya berbunyi beep-beepp (tanda Email masuk), saya baca ooh dari Air Asia dan jedeerrr pas liat Subjectnya beuuhh aja gile… langsung shock seketika.

saya tidak bisa berkata apa-apa, silakan liat sendiri. *hiks

 

Saat itu saya pilih RE-SCHEDULE. Kalau pilih re-fund mikir-mikir juga sih, 400ribu buat di refund tidak setara dengan worthednya ke Singapore (RETURN). Jadi saya putuskan mending atur jadwal penerbangan baru. Simsalabim saya pilih bulan November 15., (yaah emang mau g’ mau harus di bulan itu soalnya si AA bakal tutup per tanggal 1 Des). Entah karena alasan apa si Air Asia harus tutup rute Makassar-Singapore. Bisa jadi banyak orang Makassar yang nggak terlalu suka ke Singapore jadi penumpang di International gate mungkin diitung jari. haha makanya Si Air Asia udahan wkwkw

MENDADAK dangdut, Pusing ,tabungan tipis dan belum dapat itinerary yang pas. (putarotak ahhah)

G’ usah panjang lebar saya jelaskan. Itu cuma sekedar contoh dari ane yang yaaahh bisa saja trip kita berjalan mulus dan bisa saja berubah total akibat munculnya hal-hal yang TIDAK DIINGINKAN ahaha

Tapi saran saya yaah kurang lebih seperti dibawah ini;

1. Subscribe emailmu di website-website airlines yang suka adain promo. Gunakan semua akun sosialmu kalau perlu (fb, twitter,dsb).

2. Rajin cek-cek website onlinenya maskapai. Sambil twitteran, facebookan atau mungkin ngopi-ngopi bolehlah noleh sebentar untuk cek harga tiket.

3. Jangan pilih keberangkatan yang hari weekend, holyday dan semacamnya. Pilih hari-hari sibuk wkwkw. Untuk penerbangan domestik, hari termurah untuk  terbang adalah Selasa dan Rabu, kalau penerbangan ala2 Agnes Monica alias GO INTERNATIONAL, hari termurah untuk terbang adalah Minggu hingga Rabu.

4. BERdoa, sabar dan tawakal (appasih) wkwk serius, banyak-banyak bersabar dan berusaha.  Puluhan ribu orang berebut beli tiket pesawat murah, jadi harus maklum kalau server-nya padat dan waiting list.

5. Saat ini, banyak maskapai yang menetapkan biaya tambahan untuk bagasi. Agar tiket pesawat murah kamu tidak jadi mahal karena biaya tambahan seperti itu, kemasi barang-barangmu seperlunya di dalam tas punggung yang muat ke dalam kabin. yeapp BACKPACK !!

sekian ;)

Saskia

About Saskia Rajayani

I consider myself as an honest person and if I have a dream I do whatever is possible to achieve it. I'm very friendly, enthusiastic,cheerful, lively, and simple person. I love having a good time, laughing, reading novels, having coffee, cycling and doing goofy things whenever I can. I enjoy every little things in my life, such as Wearing my muddy boots,looking at the pop-corns clouds,eating my Scorched omelet,Let my hands full of scrawl-notes and yeap I'm proud being Me ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>