Seni numpang modal jempol

Gaya ngacungin jempol di pinggir jalan pasti tidak asing lagi bagi pelancong-pelancong saat bepergian. Gaya itu dikenal mendunia dengan sebutan HITCHIKING. Gaya satu ini memang sudah dilakukan sejak lama oleh para leluhurnya pelancong. :D Hitchhiking itu sendiri berarti mencari tumpangan ke orang lain dengan gratis. Umumnya sih gratis, tapi ada juga kog yang ngasih tumpangan tapi ngarepin imbalan. Kalaupun nggak minta imbalan, yah mungkin si hitchhikernya yang ngasih sebagai tanda jasa. Hithhiking sudah ada sejak tahun 1970-an. Jadi umumnya memang seorang hitchhiker itu ngacungin jempol, kalaupun merasa malas, yah bisa pake kertas atau kardus. Tinggal nulis nama tempat/ destinasi kamu disitu yang terbaca jelas bagi pengendara yang lewat.

Ada beberapa manfaat dari sekian banyak manfaat dari hitchhiking ini, diantaranya ;

1. Ngirit ongkos. Jadi kalau kalian merasa uang di dompet sudah menipis, yah alternatif ini terbilang membantu.

2. Dapat kenalan baru pastinya. Tidak mungkin lah kalian numpang tanpa kenalan ama yang ngasih tumpangan. Who knows kalian itu ternyata keluarga yang terpisah lama? atau teman SD yang lo suka dulu ? hahaha

3. Menjadikan kamu ibarat burung yang terbang bebas punya keberanian di luar sana.

Rule untuk melakukan hitchhiking:

1. Berpakaian yang sopan. Jangan terlalu kucel, jangan juga terlalu expose aurat. Itu mah bisa aja ngepancing terjadinya kriminal. So jangan membahayakan diri sendiri karena penampilan kamu. Lebih bagus lagi jika outfit yang dipake itu ngak terlalu gelap dan jika punya perhiasan, bisalah ditanggalin dulu.

2. Pastikan tidak “membawa” aroma badan yang semerbak aduhai syalalala.

3. Jangan terlalu akrab dan centil saat diberi tumpangan. Bicara seperlunya.

4. Jangan memaksa, merengek apalagi menangis penuh drama di depan orang yang ingin anda tumpangi kendaraannya. Jadi hitchhiking itu,kitanya yang harus nurut rute pengendara. Jadi jangan maksain harus kesini turun disini apalagi makan disini :D

5. Gunakan bahasa yang sopan dan pandai-pandailah bernegosiasi. Karena orang umumnya bakal ngasih kamu tumpangan karena 3 alasan (berdasarkan pengalaman):

  1. Kamu mahasiswa yang lagi kere banget.
  2. Naluri kemanusiaan, yaitu tolong-menolong sesuai ajaran Ibu/Bapak Guru waktu SD di pelajaran PPKN  haha
  3. Kemungkinan besar mereka juga suka hitchhiking dan pernah ngerasain itu.

6. Stay awake. Jangan sampe ketiduran. Boleh sih tidur yang jelas kamu gantian ama temen kamu. Kalau kamu hitchhiking sendirian sebaiknya jangan terlelap.

7. Smile and pray ! Jangan putus asa kalo emang mau numpang. Keep doing it. Pasti ada kog yang kecentol.

8. Singkirkan jauh jauh gadget Anda.

Happy hitchhiking… bolehlah suatu waktu kita lakuin bersama-sama *winked
Saskia

About Saskia Rajayani

I consider myself as an honest person and if I have a dream I do whatever is possible to achieve it. I'm very friendly, enthusiastic,cheerful, lively, and simple person. I love having a good time, laughing, reading novels, having coffee, cycling and doing goofy things whenever I can. I enjoy every little things in my life, such as Wearing my muddy boots,looking at the pop-corns clouds,eating my Scorched omelet,Let my hands full of scrawl-notes and yeap I'm proud being Me ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>